Cara Memakai Alat Tes Kesuburan Wanita dengan Lendir Serviks

Cara Memakai Alat Tes Kesuburan Wanita dengan Lendir Serviks

Ada banyak acuan yang bisa digunakan untuk menentukan masa subur perempuan. Seperti dari pengetesan air seni dan air liur untuk melihat seberapa banyak kandungan luteinizing hormone atau LH yang merupakan penanda masa kesuburan. Ada pula yang memanfaatkan suhu tubuh basal saat masa ovulasi. Ada lagi cara memakai alat tes kesuburan wanita dengan memanfaatkan lendir serviks. 

Menggunakan lendir serviks sebagai acuan masa subur ternyata memiliki keakuratan yang lebih tinggi daripada acuan yang lainnya, loh. Karena lendir serviks dipengaruhi langsung oleh hormon yang mengatur proses ovulasi. Bagaimana kondisi lendir serviks ketika masa ovulasi dimulai dan bagaimana cara menentukannya? Berikut ini adalah ulasannya. 

Kondisi Lendir Serviks di Masa Tidak Subur 

Lendir serviks adalah cairan serupa lendir yang memang sering keluar dari serviks atau mulut rahim wanita. Lendir serviks ini merupakan hal yang wajar muncul dan dihasilkan oleh bagian intim perempuan sebagai bagian mekanisme pembersihan organnya. Munculnya lendir serviks ini masih bisa dianggap normal asal munculnya tidak berlebihan seperti halnya keputihan. 

Walaupun begitu lendir serviks tidak bisa disamakan dengan keputihan. Karena perbedaan itu lendir serviks bisa digunakan sebagai alat tes kesuburan wanita.Lendir serviks di masa normal atau di masa tidak subur biasanya berwarna transparan atau sedikit buram dan sifatnya sangat elastis. Mudah dibersihkan walaupun hanya dengan air saja, juga volumenya tidak terlalu banyak dan hanya sedikit-sedikit saja. 

Kondisi Lendir Serviks di Masa Subur 

Kondisi lendir serviks di masa tidak subur dan di masa subur tentulah berbeda. Kondisi lendir serviks di masa ovulasi yang menandai masa subur wanita. Atau ketika sel telur mulai dilepaskan akan mengalami berbagai perubahan.  Perubahan pada lendir serviks ini dipengaruhi langsung oleh hormon yang mempengaruhi masa ovulasi.  Hal inilah yang menjadi acuan cara memakai alat tes kesuburan dengan lendir serviks.

Kondisi lendir serviks pada masa subur akan lebih transparan dan lebih elastis daripada kondisinya di masa tidak subur. Di sebagian wanita memang kondisi ini sulit untuk dibedakan namun bisa dipastikan dengan tangan yang sudah dicuci bersih. 

Itulah cara memakai alat tes kesuburan dengan memanfaatkan lendir serviks. Walaupun cukup akurat namun menggunakan lendir serviks ini akan sulit dilakukan bagi wanita yang sering mengalami keputihan. Juga wanita yang terlalu sering menggunakan produk pembersih kewanitaan.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *