4 Jenis Plat Besi Strip yang Kuat, Kokoh dan Tahan Lama

4 Jenis Plat Besi Strip yang Kuat, Kokoh dan Tahan Lama

Sebelum anda memutuskan untuk menggunakan plat besi strip pada berbagai keperluan konstruksi hingga transportasi, ada baiknya untuk mempelajari terlebih dahulu berbagai macam jenis plat besi strip. Dilihat dari daftar harga besi plat strip, setiap jenis plat besi ini mempunyai harga yang berbeda-beda. Pada beberapa tempat yang menjual plat besi strip, secara otomatis akan mengategorikan plat besi strip berdasarkan jenis dan fungsinya.

  • Plat besi strip hitam

Jenis plat besi strip yang pertama yakni plat besi strip hitam. Pada beberapa toko yang menjual plat besi strip, menyebut jenis ini dengan nama plat besi strip base plate. Plat besi jenis ini sering dipakai untuk alas penguat atau material pembuatan transportasi khususnya bagian tangki, sebagai material utama dalam pembuatan dudukan profil dan lain sebagainya. Plat besi strip hitam ini biasanya dijual dengan ukuran antara 120 x 240 cm, atau kurang lebih seukuran satu tripleks. Plat hitam atau base plate ini mempunyai variasi diameter yang berbeda-beda, mulai dari yang paling kecil yakni sekitar 0,6 mm dan yang paling besar dengan ukuran sekitar 200 mm.

  • Plat besi strip bordes

Jenis plat besi strip berikutnya ialah bordes. Pada salah satu bagian datar tangga yang biasanya berfungsi sebagai tempat untuk berpijak dan berhenti sejenak dinamakan borders. Nama jenis plat besi strip yang satu ini diambil dari bagian tangga tersebut dan disesuaikan dengan fungsi platnya yakni sebagai material pembuatan bordes tangga. Penggunaan plat besi strip bordes biasanya untuk pembangunan tangga baik di dalam maupun di luar suatu ruangan. Syarat penggunaan plat besi bordes yaitu hanya boleh dipakai pada pembuatan tangga yang tersusun atas lebih dari 12 anak tangga.

  • Plat besi strip kembang

Selanjutnya jenis plat besi kembang. Dinamakan plat besi strip kembang karena mempunyai bentuk layaknya kembang. Ukuran rata-rata dari plat besi ini ialah sekitar 120 x 240 cm, plat besi strip kembang mempunyai ketebalan atau diameter yang berbeda-beda. Biasanya semakin tebal diameter plat besi maka harga plat besi akan semakin mahal pula. Plat besi strip kembang biasanya digunakan untuk material pembuatan moda transportasi.

  • Plat besi strip kapal

Jenis plat besi strip kapal paling sering ditemukan dalam ukuran 6.000 mm dengan dua macam lebar yakni 1.500 mm hingga 1.800 mm. Jenis plat besi ini paling sering dimanfaatkan dalam pembuatan instalasi kapal hingga pembuatan tangki.

Itulah daftar jenis plat besi strip beserta fungsinya masing-masing, untuk ukuran besi plat strip biasanya standar dan sama antara satu jenis dengan yang lain. Satu yang membedakan yakni ketebalan atau diameter serta harga. Ini berlaku pada hampir semua tempat yang menjual plat besi strip.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *