Mengenal Apa Itu Sekolah Integrasi

Mengenal Apa Itu Sekolah Integrasi

Mungkin sebagian masih ada yang belum tahu apa pengertian dari sekolah integrasi. Apa sebenarnya pendidikan integrasi itu? Bagaimana sekolah smp favorit balikpapan tersebut berlangsung? Agar tahu mengenai hal tersebut, simak berikut ini penjelasannya.

Hakikat Pendidikan Integrasi

Dari hasil pengamatan yang dilakukan di lapangan menunjukkan bahwa ada banyak anak yang memiliki disabilitas kurang, belajar dengan anak seperti umumnya, namun mereka tidak mendapatkan pelayanan pendidikan yang begitu memadai atau tidak mendapatkan sekolah dengan berbagai alasan yang kurang jelas.

Hal tersebut disebabkan oleh salah satunya, yaitu kurang tersedianya sumber daya manusia dan masih banyak tenaga ahli yang masih belum memiliki pengetahuan yang mencukupi tentang anak yang memiliki disabilitas kurang atau rasio penyelenggaraan yang terbilang sangat mahal. Jadi masih sedikit sekolah smp favorit balikpapan yang bersedia menerima mereka dengan berbagai alasan yang sudah disebutkan.

Menggelar pendidikan integrasi di sekolah adalah kemajuan yang baik, namun tidak semudah seperti membalikkan telapak tangan. Namun, kita harus berani untuk memulai agar anak yang memiliki disabilitas kurang bisa mendapatkan tempat dan penanganan yang lebih baik.

Konsep sekolah integrasi terbaik mempunyai penafsiran yang beragam, antara lain:

  • Menempatkan anak yang memiliki disabilitas setara dengan yang lain secara penuh
  • Pendidikan yang mengupayakan optimalisasi perkembangan emosi, kognisi, intuisi dan jasmani
  • Melakukan integrasi pendidikan anak autis dengan pendidikan seperti umumnya
  • Melakukan integrasi di sekolah mengenai apa yang dipelajari dengan tugas untuk masa depan
  • Melakukan integrasi manusia sebagai makhluk individu juga makhluk sosial

Konsekuensi yang terjadi dikarenakan perubahan-perubahan seperti itu adalah bahwa beberapa anak atau siswa yang sebelumnya mungkin menghabiskan sebagian besar waktu sekolahnya berada dalam lingkungan yang terpisah, kini sudah bisa memiliki kelas reguler. Karena itu sangat penting bagi guru kelas reguler untuk memiliki kompetensi dalam mengajar semua siswa tanpa ada perbedaan di sekolah integrasi.

Mengenal Istilah Integrasi

Sekolah integrasi terbaik bisa berarti merujuk pada sekolah reguler yang memberikan kesempatan anak berkebutuhan khusus untuk bersekolah secara normal. Bisa juga diartikan sebagai proses memindahkan siswa dari lingkungan individu ke lingkungan reguler yang tidak begitu terpisah dari lainnya.

Istilah tersebut juga bisa diartikan anak berkebutuhan khusus yang mengikuti sekolah di sekolah reguler, namun berada dalam kelas atau unit khusus. Meski berada dalam kelas atau unit khusus, bisa dipastikan jika kelas tersebut berada dalam sekolah reguler, peluang berinteraksi dengan yang lain jauh lebih besar dibandingkan sekolah khusus terpisah.

Banyak sekolah dengan program khusus mendorong interaksi antar siswa berkebutuhan dengan yang tidak. Guru dan asisten kelas khusus biasa mendukung penempatan. Peluang yang ada tersebut berdasarkan prinsip normalisasi yang sangat mungkin terjadi dengan sekolah integrasi smp favorit balikpapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *