Ciri-Ciri Sekolah Favorit yang Penting Diketahui

Ciri-Ciri Sekolah Favorit yang Penting Diketahui

Dalam memilih sekolah, tentunya menjadi hal yang penting yang perlu dilakukan oleh banyak siswa dan orang tua. Pasalnya, untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas, maka memerlukan sekolah yang berkualitas. Dengan begitu akan mampu untuk menghasilkan berbagai lulusan yang berkualitas. 

Agar dapat mengenali hal tersebut dan kamu memiliki alasan masuk sekolah favorit beserta ciri ciri sekolah favorit di Kalimantan Timur, berikut ulasannya cara sekolah yang seru dan efektif di bawah ini

1.Fasilitas yang memadai

Umumnya, sekolah favorit terletak di tengah atau pusat kota yang pastinya menyediakan fasilitas lengkap. Fasilitas menjadi hal yang penting dalam menunjang proses belajar-mengajar, karena hal ini dapat memaksimalkan pengajar dan siswa dalam memberikan dan menuntut ilmu. 

Fasilitas-fasilitas tersebut di antaranya, seperti laboratorium bahasa, laboratorium komputer, laboratorium IPA, ruang aula, ruang UKS, perpustakaan, ruangan ekstrakurikuler, dan lain sebagainya. .

  1. Tenaga Pendidik Berkompeten

Guru atau tenaga pendidik yang berkualitas dan berkompeten menjadi salah satu ciri penting yang dimiliki oleh sekolah favorit. Jika guru berkompeten, maka dia mampu untuk menguasai bidang yang diajarkannya kepada anak murid. 

Selain itu, guru yang berkualitas juga tidak hanya akan berpatok pada materi yang diajarkan, ia juga akan mengajarkan seputar moral dan nilai-nilai yang harus ditanamkan pada anak murid. Jadi, tidak hanya membuat anak pintar, namun juga membuat anak cerdas dalam berpikir dan mengambil tindakan. Dengan begitu, di sekolah favorit Kalimantan Timur.  akan menghasilkan murid-murid yang berkualitas. 

  1. Lingkungan yang Kondusif

Sekolah favorit sudah dipastikan memiliki lingkungan yang kondusif dan mendukung untuk proses belajar mengajar bagi siswa dan pengajar. 

Lingkungan yang kondusif merupakan hal penting karena perkembangan dan pertumbuhan proses belajar-mengajar pada guru dan murid akan menjadi lebih efisien dan juga efektif. 

Lingkungan yang kondusif ini dapat ditandai dengan komunikasi antar warga sekolah yang berjalan lancar, hubungan sosial terjalin dengan baik, belajar-mengajar yang menyenangkan, dan lain sebagainya. 

  1. Kualitas Lulusan 

Ciri-ciri sekolah favorit selanjutnya ialah dengan melihat kualitas dari lulusan sekolah tersebut. Hal ini dikarenakan alumni memiliki pengaruh pada akreditasi sekolah. 

Apabila alumni sekolah tersebut banyak yang sukses, maka akreditasi sekolah juga akan bagus dan begitupun sebaliknya. 

Selain itu, untuk dapat mengetahui kualitas lulusan bisa juga melihat dari bagaimana alumni mampu memberikan dampak baik pada sekolah dan cara sekolah yang seru dan efektif.  

  1. Kurikulum yang Digunakan 

Kurikulum merupakan rencana, kumpulan, tujuan, materi pembelajaran serta cara yang nantinya akan digunakan untuk dalam proses belajar-mengajar di semua sekolah termasuk sekolah favorit di Kalimantan Timur. 

Kurikulum digunakan sebagai pedoman bagi guru untuk dapat mencapai dari tujuan akhir pembelajaran di sekolah. Namun umumnya, setiap sekolah memiliki kurikulum dan cara sekolah yang seru dan efektif yang berbeda-beda. Bahkan beberapa sekolah favoriteterdapat yang menggunakan kurikulum luar, seperti SingaporeanPrimarySchoolCurriculum, International Baccalaureate (IB), Cambridge, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *