Cek Kesuburan Pria Melalui Tes Fisik dan Kesehatan

Cek Kesuburan Pria Melalui Tes Fisik dan Kesehatan

Cara untuk cek kesuburan pria yang paling umum dan paling mudah dilakukan adalah melalui tes fisik dan riwayat kesehatannya. Kondisi fisik dan kesehatan dari seorang pria memang dapat mempengaruhi secara langsung tingkat kesuburannya. Tidak hanya sekedar tes kesehatan biasa, tes ini baiknya dilakukan oleh dokter Urology.

Hal-Hal yang Akan Dilakukan Dalam Tes

Seperti yang dituliskan sebelumnya cara cek kesuburan pria ini lebih baik dilakukan oleh dokter Urology dan bukan dokter biasa. Hal ini agar analisis hasil tes difokuskan pada hal-hal yang mempengaruhi organ reproduksi pria.

Hal-hal yang dilakukan oleh Dokter Urology selama tes fisik dan kesehatan ini, biasanya adalah :

  1. Memeriksa Kesehatan Pasien Secara Keseluruhan

Pada tahap ini, Dokter akan melakukan beberapa tes kesehatan dan menanyai riwayat kesehatan dari pasien. Kemudian, mencari hal-hal yang mungkin saja berpotensi mempengaruhi tingkat kesuburan dari si pria.

Riwayat penyakit dan kesehatan dari si pria juga akan ditanyakan secara detail. Karena mungkin saja, kelainan di bawah dari penyakit atau kelainan yang pernah dialami oleh si pria sebelumnya.

  1. Memastikan Gaya Hidup Pasien Selama Ini

Selain tes kesehatan dan riwayat penyakit yang diderita, dalam tes kesuburan pria ini dokter juga akan menanyakan. Gaya hidup yang dijalani oleh pria selama ini. Apakah si pria ini pernah mengkonsumsi alkohol. Merupakan perokok berat atau tidak dan apakah ada obat-obatan tertentu yang diminum.

  1. Reaksi Tubuh Ketika Hubungan Seks

Pada tahap ini, pasien harus terbuka pada dokter bagaimana reaksi tubuh ketika sedang berhubungan badan. Apakah memang ada masalah yang dialami selama prosesnya maupun pada saat ereksi. Karena itu bisa merupakan tanda adanya masalah pada organ reproduksi pria.

MelaluiĀ  informasi yang didapatkan di atas, Dokter Urologi akan mencari tahu apa ada masalah pada organ reproduksi pria. Terutama pada bagian penis, vas deferens, testikel dan sebagainya.

Itulah ulasan mengenai cek kesuburan pria melalui tes fisik dan kesehatan pria. Tes ini bisa dibilang merupakan tes yang mudah dilakukan untuk menentukan tingkat kesuburan pria. Tidak ada syarat tertentu yang harus dipenuhi siapapun bisa melakukannya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *