Apa itu Tes Ovulasi

Apa itu Tes Ovulasi

Tes ovulasi cukup penting bagi wanita, karena erat kaitannya dengan masa subur wanita. Terutama bagi pasangan yang hendak melaksanakanĀ  program kehamilan. Harga alat tes ovulasi saat ini bervariasi.

Apa itu Tes Ovulasi

Tes ovulasi seringkali disebut juga sebagai tes kesuburan. Ovulasi ialah proses saat pada tubuh wanita mengalami kematangan folikel telur yang lalu pecah dan melepaskannya lewat tuba falopi menuju ke arah rahim guna mendapatkan pembuahan, proses ini merupakan salah satu tahapan menstruasi. Sedangkan masa subur telah dimulai sejak sekitar 3 hari sebelum ovulasi, sebab sperma yang masuk akan bertahan di tubuh wanita hingga selama sekitar waktu tersebut.

Cara Tes Ovulasi

Tes ovulasi yang dimaksudkan untuk mengetahui saat ovulasi bisa dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya yang paling umum ialah dengan menggunakan ovulation test pack dengan media urin. Caranya juga cukup mudah, yakni dengan meneteskan urin pada ovulation test pack nya. Lalu alat tes ovulasi tersebut akan mendeteksi kadar hormon LH (Luteinizing Hormone) pada urin tersebut. Berbeda dengan tes pack kehamilan yang digunakan untuk mencari tahu mengenai kadar hCG dalam urin. Jadi jangan sampai salah beli alat test pack yang banyak tersedia di apotik dalam bentuk strip dalam berbagai merk. Hal ini karena kadar hormon LH pada tubuh wanita akan meningkat saat menjelang masa ovulasi tiba, yang disebut sebagai LH lurge. Hasilnya cukup akurat. Jika tes dengan fertitest pack tersebut dilakukan selama 5 hari berturut-turut  maka tingkat akurasi prediksi masa ovulasi nya sekitar 80 persen. Lalu jika test dilakukan secara rutin hingga selama 10 hari, maka tingkat akurasinya akan bisa meningkat hingga mencapai 95 persen. Selain itu bisa  dengan cara sistem kalender ovulasi, yakni dengan menghitung mundur 14 hari dari prediksi jadwal menstruasinya. Tingkat akurasinya sangat tergantung ketepatan dalam mengetahui siklus haidnya. Jika siklus menstruasi normal, maka masa ovulasi akan terjadi sekitar tiga belas hari sesudah hari terakhir menstruasi berlangsung. Lalu selain itu bisa juga dengan mempergunakan termometer guna menghitung suhu basal tubuh setiap hari, di pagi hari selama beberapa bulan secara rutin yang kemudian dianalisa perubahannya. Alternatif lain bisa juga dengan memerhatikan tekstur cairan lendir rahim dengan secara rutin. Media ludah juga bisa digunakan selain media urin, yang lalu diamati dan diperbandingkan gambarnya dibawah mikroscop. Hal ini karena ludah saat ovulasi memiliki gambar berpola tertentu. 

Apapun metode dan media testnya lalukan dengan benar dan tepat waktunya, agar hasilnya bisa akurat. Seperti jika menggunakan alat test ovulasi berupa strip test pack kesuburan maka akan berbeda test pack kehamilan yang sebaiknya filakukan di oagi hari setelah bangun tidur. Pada tes kesuburan justru lebih baik dilakukan pada waktu mulai jam 11 hingga sore hari.

Mengenai harga alat tes ovulasi sangat bervariasi dan bisa Anda dapatkan melalui online atau offline store. Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu untuk mendapatkan harga alat tes ovulasi yang terjangkau dengan kualitas terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *