Apa itu Sekolah Internasional

Apa itu Sekolah Internasional

Pada saat pendaftaran masuk sekolah maka banyak orang tua yang mencari tahu dan berminat untuk menyekolahkan sang buah hati di sekolah international. Dengan harapan agar putra putrinya lebih siap terjun di kancah internasional dalam menghadapi persaingan di tingkat dunia.

Apa itu Sekolah Internasional

Informasi tersebut bisa diperoleh dari brosur sekolah internasional. Pada dasarnya sekolah internasional itu ialah sekolah yang menggunakan kurikulum internasional, yakni seperti contohnya kurikulum International Baccalaureate, atau kurikulum Edexcel, atau kurikulum Cambridge International Examinations atau mengikuti kurikulum nasional yang berbeda dari tempat negara sekolah tersebut berada. Bahasa pengantar yang digunakan di sekolah international tersebut menggunakan bahasa internasional yakni seperti bahasa Inggris atau bahasa mandarin, dan biasanya dalam percakapan sehari-hari baik antar siswa maupunĀ  antara siwa dengan guru akan memakai dwibahasa yaitu selain bahasa internasional juga menggunakan bahasa Indonesia. Selain itu terdapat pula pelajaran tambahan bahasa asing yang bisa dipilih siswa, yaitu seperti bahasa perancis atau bahasa spanyol dan lain sebagainya.

Keuntungan Sekolah Internasional

Beberapa keuntungan yang akan didapat dengan bersekolah tersebut antara lain ialah pada sekolah internasional yang menggunakan kurikulum Cambridge atau kurikulum IB maka akan cukup besar peluangnya untuk bisa melanjutkan pendidikan ke berbagai kampus terkenal dan bergengsi, peringkat besar dunia yang ada di mancanegara. Dalam hal ini seperti universitas Harvard, dan universitas Oxford, juga universitas Cambridge sendiri tentu saja, lalu juga universitas Yale dan MIT serta berbagai perguruan tinggi peringkat tinggi dunia lainnya. Beberapa universitas ternama dan peringkat atas dunia itu ada yang mensyaratkan nilai kelulusan tes Advanced Level atau yang sering disebut sebagai A Level sesuai standar Cambridge tertentu agar bisa masuk ke perguruan tinggi itu. Siswa juga akan lebih siap dan akan memiliki pengalaman serta bekal yang cukup juga akan lebih mudah beradaptasi dengan dunia kerja nantinya di tingkat internasional dengan tingkat persaingan global yang mendunia. Hal ini antara lain ditunjang oleh penggunaan bahasa pengantarnya yakni bahasa internasional yang akan lebih siap dan lebih dikuasai serta bisa langsung diterapkan, begitu menghadapi dunia kerja di tingkat persaingan internasional yang sesungguhnya. Mata pelajaran yang ditekuni juga bisa lebih fokus dan mendalam sesuai dengan minat dan bakatnya. Fasilitas gedung sekolahnya juga biasanya akan lebih nyaman dan aman, dengan standar internasional. Hal ini sebanding dengan iuran atau biaya sekolah internasional yang secara total mulai masuk hingga lulus bisa mencapai hingga ratusan juta Rupiah. Kondisi fisik Bagaimanapun pendidikan merupakan salah bentuk investasi berharga bagi sang buah hati, bekal terbaik bagi masa depannya. Sehingga jika memang perlu maka tak ada salahnya memasukkan putra putri tercinta ke sekolah internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *