Tips Merawat dan Menggunakan Dimsum Steamer Dari Bambu

Tips Merawat dan Menggunakan Dimsum Steamer Dari Bambu

Steamer yang terbuat dari bambu hingga saat ini masih seringkali dijadikan pilihan untuk mengukus dimsum. Hal tersebut dikarenakan steamer ini memiliki kelebihan menghasilkan aroma yang harum dan tekstruk yang alami pada dimsum. Agar Anda dapat mengetahui dan memahami merawat serta menggunakan Dimsum steamer dari bambu, berikut simak ulasannya di bawah ini. 

Menggunakan Dimsum Steamer dari Bambu

Terdapat beberapa tips yang dapat Anda ikuti dalam menggunakan bamboo steamer  agar menghasilkan dimsum yang lezat. 

  • Gunakan panci kukus yang berukuran lebar

Gunakan panci kukusan yang memiliki ukuran cukup lebar,  yang mana lebarnya lebih besar daripada diameter dari klakat. Kedalaman pancinya pun harus cukup dalam. Hal ini dikarenakan agar air kukusan tidak dapat menyentuh bagian dasar dari klakatnya, karena dapat air yang menyentuh tersebut dapat menyebabkan dimsum menjadi lembek dan merusak strukturnya. 

  • Selalu cek air kukusan

Anda harus selalu memperhatikan atau mengecek air yang ada di dalam kukusan. Hal ini dilakukan agar air di dalamnya tidak habis dan tidak menyebabkan dimsum menjadi gosong. 

  • Gunakan pelapis

Sebelum Anda mengukus dimsum, sebaiknya menggunakan bahan pelapis tepat berada di bawah klakat dengan menggunakan daun pisang, daun pandan, kertas minyak atau juga daun selada. Anda dapat memilihnya sesuai selera. 

Merawat Dimsum Steamer dari Bambu

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam merawat dimsum steamer yang terbuat dari bambu, yaitu:

  • Rendam klakat menggunakan air panas

Sebelum Anda menggunakan steamer bambu untuk mengukus dimsum, sebaiknya di higeniskan dengan merendamnya di dalam air panas.

Pertama-tama hindari untuk mencuci dengan sabun terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar bau dari sabun tidak tertinggal di sela-sela anyaman bambu, sehingga dapat merusak cita rasa dan aroma dari dimsum.

Anda cukup merendam steamer dimsum menggunakan air panas sekitar tiga puluh menit, kemudian keringkan hanya dengan cukup di angin-anginkan saja. 

  • Bersihkan dengan sabun

Apabila dimsum steamer telah digunakan, maka cukup mencucinya dengan sabun, yang kemudian dikeringkan dengan diangin-anginkan saja. Simpan ditempat yang bersih dan kering agar terhindar dari jamur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *