Yuk Belajar Mengenal Apa Itu Conversational Commerce

Yuk Belajar Mengenal Apa Itu Conversational Commerce

Conversational commerce adalah salah satu cara yang diterapkan oleh beberapa brand. Sebab, ada banyak kelebihan yang bisa diperoleh dari adanya cara ini khususnya dalam segi meningkatkan kepuasan pelanggannya sendiri. Ada banyak orang bahkan masyarakat yang saat ini memang memutuskan untuk berbelanja secara online karena ada banyak kelebihan yang akan didapatkan selama berbelanja dengan cara online. 

Mengenal Apa Itu Conversational Commerce?

Istilah ini sendiri adalah istilah yang masih sering dianggap asing oleh beberapa orang. Akan tetapi, hal ini adalah hal yang bahkan sering ditemukan pada saat Anda memutuskan untuk berbelanja secara online. Sebagai contohnya apabila Anda ingin membeli sebuah barang di toko online, tentu beberapa orang akan menanyakan ketersediaan barang stok dan lainnya kepada para penjualnya bukan?

Kegiatan dalam menanyakan ketersediaan barang, produk nya, atau bahkan meminta rekomendasi produknya sendiri merupakan kegiatan conversational commerce. Istilah ini sendiri juga dianggap sebagai salah satu cara untuk memberikan kenyamanan, kemudian personalisasi sampai dengan dukungan agar para pembeli bisa membuat keputusan yang mudah ketika akan membeli sebuah barang nantinya. 

Metode ini juga bukan hanya trend yang digunakan oleh para pemilik bisnis. Sebab, adanya cara ini memiliki begitu banyak manfaat dan keuntungan untuk banyaknya toko online sampai dengan pemilik bisnis menjalankan bisnis mereka secara online. Kegiatan ini sendiri adalah sebuah kegiatan berupa live chat online yang bisa diakses oleh seluruh pembeli dan disediakan oleh beberapa penjual atau pemilik bisnis yang menjalankan bisnis mereka secara online. 

Perumpamaan Conversational Commerce Secara Langsung

Istilah ini bisa diumpamakan ketika Anda akan berbelanja secara langsung ke sebuah toko, biasanya para pembeli akan disambut oleh seorang karyawan toko atau bahkan seorang sales. Nantinya para pelanggan bisa menanyakan tentang ketersediaan produk maupun meminta rekomendasi barang dari sales atau karyawan yang bertugas. Nantinya karyawan tersebut akan menjelaskan produk atau barang yang akan Anda beli dan Anda pun bisa mengambil sebuah kesimpulan dari penjelasan yang diberikan oleh karyawan tersebut. 

Cara untuk beberapa e-commerce untuk bisa menyediakan beberapa layanan kepada para konsumennya dengan menyediakan layanan fitur live chat. Di mana para konsumennya sendiri dapat menanyakan banyak hal terkait produk yang akan mereka beli nantinya. Semakin mudah dan semakin canggihnya teknologi memang memudahkan banyak orang yang berbelanja secara online. Apalagi jika beberapa orang tersebut memutuskan untuk memanfaatkan sebuah layanan berupa conversational commerce itu sendiri. 

Bagaimana Penerapan Conversational Commerce?

Jadi, itulah beberapa kelebihan yang bisa diperoleh dari adanya penggunaan metode ini dalam dunia bisnis. Penerapan layanan ini biasanya diterapkan dengan sebuah system yang dinamakan dengan live chat. Untuk operator dibalik live chat ini ada bermacam-macam. Ada beberapa layanan yang akan diberikan dengan menggunakan system atau bot chat, atau bahkan ada beberapa customer service yang memang dipekerjakan untuk membalas beberapa chat yang akan masuk. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *