Manfaat Dan Tips Mencari Tim Kreatif Untuk E-Commerce Visual Merchandising

Manfaat Dan Tips Mencari Tim Kreatif Untuk E-Commerce Visual Merchandising

Kita semua telah tahu bahwa modal utama sebuah toko online adalah tampilan visualnya. Semakin apik tampilannya, maka akan meningkatkan daya tarik dan lebih terpercaya di mata konsumen. Itulah sebabnya, mengapa eCommerce Visual Merchandising banyak disarankan oleh para ahli untuk diterapkan dalam bisnis toko online anda. 

Manfaat eCommerece Visual Merchandising Bagi Konsumen

Selain bermanfaat bagi pihak toko dengan mendatangkan konsumen, berikut ini adalah penjabaran dari beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh konsumen, ketika berbelanja atau mengunjungi toko online yang menerapkan strategi ini.

  1. Mendapat Gambaran Jelas Perihal Produk Yang Ditampilkan

Tentu hal ini menjadi sangat penting mengingat ini adalah toko online, dimana konsumen tidak dapat melihat produk yang ingin mereka beli secara langsung. Informasi perihal bentuk, warna, kapasitas, hingga detail kecil lainnya penting untuk disampaikan pada konsumen, agar jangan sampai konsumen merasa ditipu karena produk tidak sesuai. Hal ini telah banyak diterapkan eCommerce di Indonesia.

  1. Mendapat Jaminan Kepercayaan

Toko online adalah satu media jual beli yang sangat mengandalkan kepercayaan. Konsumen diminta untuk percaya pada penjual bahwa barang yang mereka jual,yang gambarnya terpanjang pada display adalah sesuai dengan apa yang dikirim. Begitupun penjual, mereka diminta menjaga kepercayaan konsumen dengan mengirim barang yang sesuai.

Tampilan visual merchandising adalah jendela menuju kepercayaan konsumen. Bagaimana bisa konsumen mempercayai sebuah toko yang tampilannya saja asal. Bahkan yang foto produknya diambil dengan asal-asalan.

  1. Mudah Dalam Mengambil Keputusan

Dengan informasi jelas yang penjual berikan pada tampilan toko online mereka, tentu hal ini juga berpengaruh pada pengambilan keputusan pembeli. Jika infonya tidak lengkap, pembeli butuh waktu lama untuk memutuskan, bahkan bertanya pada penjual apakah barang yang ditampilkan benar-benar barang yang dia inginkan.

Tips Memilih Tim Atau Individu Untuk Mengelola Visual Merchandising

Kebanyakan bisnis yang telah berkembang membutuhkan tim sendiri untuk mengelola hal ini agar lebih fokus dalam menjalankan tugasnya. Apa saja yang harus dinilai seorang owner dalam memilih tim atau individu untuk divisi eCommerce Visual Merchandising? berikut adalah pembahasannya.

  1. Melihat Kemampuan Kreativitas

Ini penting karena pengerjaan konsep ecommerce visual merchandising adalah sangat membutuhkan kreativitas dalam mengolah informasi yang disampaikan.

  1. Kemampuan Komunikasi dan Kerjasama

Seorang desainer dalam hal ini akan berkoordinasi dengan divisi lain seperti pemasaran atau produksi, maka penting bagi seorang desainer memiliki kemampuan komunikasi yang fasih serta keahlian dalam bekerjasama.

  1. Tingkat Kepekaan

Pada akhirnya, desainer eCommerce di Indonesia akan menjadi orang yang paling dekat dengan konsumen, karena apa yang dia buat akan berhubungan langsung dengan konsumen. Maka penting bagi seorang desainer untuk dapat mengerti apa masalah konsumen dari segi tampilan produk hingga tampilan toko.

Dalam hal ini, anda dapat melakukan atau memberikan simulasi dalam proses wawancara kerja dengan kandidat sehingga anda dapat melihat apakah kandidat sesuai atau telah memenuhi kriteria seorang eCommerce Visual Merchandising.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *