Integrated Ecommerce Platform: Pengertian dan Pentingnya Melakukan Hal Tersebut

Integrated Ecommerce Platform: Pengertian dan Pentingnya Melakukan Hal Tersebut

Istilah e-commerce menjadi hal familiar bagi masyarakat, khususnya bagi yang gemar berbelanja online. Tidak hanya bagi yang gemar berbelanja saja, tetapi e-commerce juga sudah sudah mulai banyak digunakan oleh penjual yang ingin mengembangkan website tokonya. Setelah memiliki platform e-commerce sendiri, ada baiknya jika melakukan integrated multi channel ecommerce platform untuk hemat waktu.

Apa Itu E-Commerce Terintegrasi?

Sebelum mengetahui apa itu platform e-commerce yang terintegrasi, ada baiknya jika mengetahui terlebih dahulu arti platform e-commerce itu sendiri agar pemahaman mengenai platform e-commerce yang terintegrasi dapat lebih kuat.

Platform e-commerce adalah sebuah pemecahan masalah teknologi yang dilakukan dengan menggunakan software untuk membangun storefronts, yaitu rancangan bisnis yang memiliki kaitan dengan penjualan sebuah produk atau layanan. Platform e-commerce ini juga bisa menjadi solusi bagi yang ingin memulai atau mempertahankan bisnis online shop-nya.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa integrated multi channel ecommerce platform merupakan suatu koordinasi yang terjadi antara situs web e-commerce bisnis dengan sistem back-end mereka, misalnya seperti sistem ERP atau CRM. Di Indonesia sendiri, biasanya e-commerce akan terintegrasi dengan sistem atau aplikasi POS, yaitu sistem terkomputerisasi yang memanfaatkan kombinasi antara software dan hardware untuk dapat melakukan berbagai fungsi, tidak hanya merekam penjualan saja.

Pentingnya Integrasi E-Commerce dengan Sistem POS

Setelah mengetahui apa itu platform e-commerce serta pengertian dari platform e-commerce yang terintegrasi, pebisnis online shop perlu mengetahui seberapa pentingnya platform e-commerce harus terintegrasi dengan sistem POS. Berikut ini adalah alasan pentingnya integrasi antara e-commerce dengan sistem POS.

  1. Potensi Kesalahan Pemindahan Data Secara Manual dapat Ditekan

Kebanyakan pebisnis online shop, masih menggunakan platform penjualan online yang masih terpisah dengan sistem POSnya, sehingga biasanya ada pegawai khusus yang bertugas memindahkan data dari marketplace ke sistem POS secara manual. Karena tidak dipindahkan secara otomatis, kemungkinan akan terjadinya kesalahan bisa sangat tinggi. Oleh karena itu solusinya adalah dengan mengintegrasikan e-commerce ke sistem POS akan bisa merekam data penjualan secara otomatis.

  1. Hemat Waktu

Tidak hanya memiliki potensi besar terjadi kesalahan, memindahkan data secara manual juga sangat memakan waktu. Jika pegawai yang dimiliki masih terbatas, waktu kerja akan tersita untuk melakukan pekerjaan tersebut. Dengan menyesuaikan data di sistem POS dan e-commerce secara otomatis oleh sistem, bisa lebih hemat waktu.

  1. Data Inventori yang Tepat dan Akurat

Pentingnya integrated ecommerce platform adalah untuk mensinkronkan data inventori yang ada di berbagai cabang dan juga gudah, sehingga data inventori yang ditampilkan akan selalu akurat dan terupdate secara real time.

Itulah pengertian dari platform e-commerce serta pentingnya melakukan integrated multi channel ecommerce platform dengan sistem POS. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *